Ivan Clintoen Boetar-boetar

Today
Total
Online
0
11
0
widget
>

Senin, 22 Agustus 2011

PERLENGKAPAN DAN PERALATAN KANTOR

Ivan Clinton


Tidak satu organisasi pun yang dalam kegiatan nya untukmencapai tujuan tanpa menggunakan peralatan kantor.dalam hal ini,peralatan kantor berfungsi untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor.walaupun organisasi memiliki sumber daya  manusia yang berkualitas tinggi,namun tampak adanya sumber daya lain nya, seperti alat atau matrial lain nya,tidak mungkin organisasi tersebut dapat mencapai tujuan secara optimal.

                                                                                    T =F(M x A/M)

    Keterangan : T = Tujuan
                          F = Fungsi
                         M = Manusia
                      A/M = Alat atau Material


A. Klasifikasi perlengkapan kantor

Perlengkapan kantorbermacam-macam bentuk nya,antara lain meliputi  alat tulis kantor,perabot kantor dan mesin-mesin kantor.

  1. Perlengkapan kantor berbentuk lembara
a.      Kertas AVS polos
b.      Kertas folio bergaris
c.      Kertas berupa formulir
d.      Kertas hisap
e.      Aneka Map

  1. perlengkapan kantor berbentuk buku
a.      buku agenda
b.      buku pedoman organisasi
c.      kamus
d.      buku telepon
e.      buku tahunan

  1. perlengkapan kantor berbentuk non lembaran
a.      kalender
b.      tempat surat
c.      kotak kartu nama
d.      gunting
e.      tempat penyimpanan pensil

  1. perlengkapan kantor berbentuk mesin-mesin
a.      mesin komputer
b.      mesin printer
c.      mesin foto copy
d.      mesin faximilye
e.      telepon

  1. perlengkapan kantor berbentuk perabot kantor
a.      meja
b.      kursi
c.      lemari
d.      filing kabinet
e.      partisi dsb


B. Prosedur penyediaan perlengkapan kantor

Adapun prosedur penyediaan perlengkapan kantor adalah sebagai berikut :

1.     menyusun rencana kebutuhan peralatan kantor
adalah merupakan kegiatan dalammenentukan dan menetapkan kebutahan perlengkapan kantor.

2.     mengusulkan kebutuhan kantor
adalah untuk memperoleh perlengkapan kantor yang di butuhkan

3.     pengecehan dan penerima perlengkapan kantor
adalah untuk mengajukan surat permintaan mengadakan barang.

4.     inventarisasi dan pelaporan penggunaan perlengkapan kantor
adalah suatu kegiatan pencatatan terhadap seluruh perlengkapan kantor yang dimiliki oleh setiapunit kerja atau organisasi.





Tidak ada komentar:

widgets